Dalam rangka pencegahan dan penurunan Stunting Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga melakukan Edukasi kepada masyarakat melalui media Radio LPPL Gema Soedirman secara reguler setiap hari Rabu selama 1 jam mulai pukul 8 pagi sampai jam 9 pagi.

Salah satu tema edukasi siaran pada tanggal 19 Februari 2020 diantaranya “ISI PIRINGKU” yang disampaikan dalam rangka Hari Gizi Nasional.

Materi ” ISI PIRINGKU ” disampaikan oleh narasumber ibu Rohyani Tri Rahayu, SKM, MM dari Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kabupaten Purbalingga.

Dijelaskan oleh narasumber bahwa ISI PIRINGKU merupakan pedoman agar masyarakat paham pentingnya makanan sehat dengan gizi seimbang. Narasumber juga berharap agar seluruh masyarakat khususnya masyarakat Purbalingga tahu ISI PIRINGKU yang nantinya masalah kesehatan yang diakibatkan kekurangan gizi tidak terjadi lagi.

Lebih lanjut narasumber mengatakan Porsi dan jenis makan yang ada dalam ISI PIRNGKU juga disesuaikan dengan usia dan aktivitasnya. Konsep ISI PIRINGKU 1/3 bagian piring berisi makan pokok, 1/3 bagian berisi sayurandan 1/3 bagian piring berisi lauk-pauk dan buah.